Selasa, 27 Januari 2009

Teknik Pemrograman Bahasa Asembler PIC16F877A

Sebelum belajar lebih jauh mengenai teknik-teknik pemrograman assembler untuk PIC16F877A, terlebih dahulu harus memahami aturan-aturan dasar penulisan bahasa assembler. Penulisan program dalam bahasa assembler dapat dilakukan menggunakan teks editor, dalam hal ini penulis menggunakan MPLAB.

1. Elemen-Elemen Bahasa Asembler

Elemen-elemen dasar bahasa assembler meliputi:

  * Label
  * Instruksi
  * Operan
  * Komentar
  * Pengarah (Directive)

2. Label

Label digunakan sebagai penanda baris dalam suatu program. Label sangat bermanfaat untuk operasi percabangan (misalnya GOTO) dan pemeriksaan program. Hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan label adalah bahwa label harus diawali dengan huruf alphabet atau garis bawah. Penulisan label harus mulai pada kolom pertama dan panjang maksimum adalah 32 karakter.
 
3. Instruksi

Instruksi-instruksi yang digunakan pada suatu mikrokontroler sudah tertentu jenisnya, sehingga kita harus benar-benar memahami arti dan kegunaan dan kegunaan dari instruksi yang akan kita gunakan. Cara penulisan instruksi disebut sintaks.

4. Operan

Operan merupakan elemen yang dioperasikan oleh suatu instruksi. Operan biasanya berupa register, variable atau konstanta.

5. Komentar

Komentar merupakan kata atau kalimat yang dituliskan seorang pemrogram untuk memperjelas, memberi keterangan dan memudahkan identifikasi dalam menyusun program. Komentar biasanya diletakkan setelah instruksi dan harus diawali dengan tanda titik koma ”;”. Komentar tidak akan berpengaruh pada eksekusi program karena komentar tidak akan di proses oleh translator.

6. Pengarah (Directive)

Pengarah assembler serupa dengan instruksi, namun ia independet terhadap model mikrokontroler. Pengarah assembler mempresentasikan karakteristik dari bahasa asembler yang digunakan.

Dalam penulisan program terdapat aturan tidak tertulis untuk menyertakan informasi singkat mengenai program tersebut. Informasi tersebut biasanya diletakkan di bagian awal program dan berisi informasi nama dan kegunaan program, versi, nama program, waktu pembuatan, jenis mikrokontroler dan sebagainya. Informasi ini dituliskan sebagai komentar, sehingga diawali dengan tanda titik koma ”;”.

  Masuk 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda masukan untuk saya...